Sukses Bisnis Online Tanpa Modal | Bedah sampai tuntas

Sukses-bisnis-online-tanpa-modal-jpg


Internet sudah menjadi aktor penting dalam memerani perekonomian suatu Negara. Internet yang awalnya digunakan sebagai alat komunikasi, sekarang sudah menjadi media bisnis bagi masyarakat. Kemudahan dan cara praktis yang ditawarkan oleh internet ini menjadikan ia sebagai pilihan utama dalam menggandengi segala kebutuhan masyarakat terutama dalam hal berbisnis. Sehingga tidak tabu apabila internet sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak tertulis.


Dalam hal berbisnis, tentunya internet sudah memberikan sumbangan yang besar terhadap kemudahan marketing. Sehingga pasar online menjadi salah satu lapak besar yang memberikan peluang yang sangat besar kepada para pebisnis. Tidak hanya untuk individu, bahkan market place ini sudah sangat memberikan dampak yang besar kepada negara.



Bisnis online dapat menjadi salah satu pilihan pekerjaan bagi semua kalangan, baik untuk pekerjaan sampingan bahkan sebagai pekerjaan utama, baik usia muda, remaja, bahkan orang tua sekalipun. Bisnis online juga tidak mengenal profil pekerjaan individu, baik karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa dan sebagainya. Dalam artian lain, bisnis online ini dapat ditekuni oleh semua kalangan tanpa terkecuali.


Mengapa harus membuka bisnis online?

1. Mudah
Sekali lagi, kemudahan yang ditawarkan media sosial sebagai pasar bisnis membuat Anda sebagai pengguna dan pejiwa bisnis akan merasakan keuntungan. Bagaimana tidak, hanya dengan posting produk dari ponsel pintar Anda, maka dengan sendirinya pembeli akan datang. Dengan membagikan bisnis anda di internet dan media sosail, maka anda sudah menyentuh pasar online dengan jutaan pengguna.

2. Modal kecil atau bahkan tanpa modal
Salah satu kendala dari orang-orang enggan berbisnis adalah minimnya modal, karena setiap memulai bisnis pasti akan membutuhkan modal yang besar, itupun belum tentu berhasil. Lalu bagaimana dengan bisnis online? Jangan khawatir, banyak sekali bisnis-bisnis online yang hanya memerlukan modal sedikit bahkan gratis alias tidak memerlukan modal sama sekali.


Hanya membutuhkan smartphone dan kuota, anda sudah bisa menjelajahi dunia bisnis online. Sepertinya pada era digital ini, smartphone dan kuota sudah menjadi kebutuhan utama manusia ya. Jadi gunakan sebaik mungkin.


3. Keuntungan yang menjanjikan

Sukses-bisnis-online-tanpa-modal-jpg
Bisnis tanpa modal dengan keuntungan banyak adalah bohong. Jangan percaya deh, mari kita buktikan. 

Gambar di samping adalah salah satu contoh pebisnis dropshipper pada salah satu market place yaitu Shoopee. Tidak menutup kemungkinan, anda juga akan dapat mendapatkan penghasilan seperti itu atau bahkan lebih dari 
itu.

Dengan bekerja sebagai dropshipper Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, cukup bermodalkan smartphone dan kuota bulanan anda. Bagaimana cara kerjanya? Baca artikel ini sampai selesai. 


4. Tidak mengganggu waktu pekerjaan utama Anda 
Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya, bahwa bisnis online ini cukup mudah dan praktis. Bahkan tidak akan menyita waktu anda. Anda hanya perlu eksis mempromosikan barang Anda di media sosial. Bahkan pada saat di kantor pun anda bisa melakukannya bukan? Atau sedang di kampus, atau bahkan sedang rebahan di kasur Anda.

5. Pasar online akan semakin gencar
Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi akan semakin maju kedepannya, semua orang pasti setuju akan hal tersebut. Dengan demikian dapat diprediksi bahwa pasar online akan semakin menguasai bisnis di dunia. Salah satu buktinya adalah bahwa pemerintahan Indonesia saat ini sedang mengkonsep agar perusahaan start-up digital lainnya dapat menyusun unicorn-unicorn kebanggan Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek dan Traveloka. Baca di sini


Banyak pebisnis-pebisnis online di tanah air yang dapat Anda jadikan sebagai panutan untuk menapaki jejak mereka. Namun tidak jarang para pebisnis pemula yang mulai menggeluti usaha ini ternyata gagal. Banyak faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut, antara lain :



1. Ambisius namun tidak memulai

Banyak orang-orang yang memiliki ambisius tinggi ketika melihat pengusaha muda yang sukses atau pemuda yang sudah menghasilkan uang puluhan bahkan ratusan juta rupiah setiap bulannya. Ya, itu sangat luar biasa. Namun hal penting yang perlu Anda catat adalah, "Jangan hanya berbicara, lakukan!" Mulailah dari sekarang, tidak peduli sekecil apa Anda melangkah, yang pasti Anda harus selalu melangkah dan memulainya dari hal terkecil.


2. Semangat diawal

Banyak pebisnis pemula yang akhirnya gagal dalam usaha mereka karena hanya memiliki semangat diawal-awal saja. Banyak dari mereka yang sudah berjalan dengan letih, dengan keringat dan pengorbanan. Namun akhirnya harus berhenti karena hilang semangat. Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda sudah telanjur memulai dan berjalan setengah. Maka jangan berhenti, lakukan hingga selesai.


3. Tidak menekuni bisnis dengan baik

Salah satu ciri kegagalan dalam segala hal adalah tidak tekun. Apapun hal yang ingin anda capai, apabila tidak menekuni proses didalamnya maka jangan pernah berharap anda akan berhasil. Siap-siaplah untuk gagal. Namun jika anda benar-benar menekuni proses tersebut, yakinlah bahwa semua akan terjadi seperti apa yang Anda harapkan. Ingat, tekuni proses yang sedang anda lalui.


4. Putus asa ketika bisnis tidak jalan

Nah, ini adalah salah satu penyebab kegagalan yang sangat populer. Bayangkan jika Harland David Sanders, sang pendiri KFC dulunya putus asa ketika resepnya mengalami penolakan lebih dari 1000 kali, maka anda tidak akan menemui restorang KFC dimanapun di dunia ini. Selanjutnya, bagaimana jika Thomas Alva Edison, sang penemu bola lampu dengan percobaannya yang melebihi seribu kali sehingga mendapatkan 1 bola lampu pijar pertama. Bagaiman jika dulu ia putus asa? Mungkin tidak akan ada penerangan di dunia ini selain cahaya matahari.


5. Tidak fokus

Penyebab pebisnis pemula akhirnya gagal dalam usahanya adalah tidak fokus pada suatu usaha. Ketika ia memulai sebuah usaha dan gagal, akhirnya ia bosan lalu mencari usaha lain. Pada usaha yang baru tersebut ia juga tidak kunjung berhasil lalu mencari usaha lain. Sampai akhirnya ia putus asa. Lalu kapan ia akan berhasil?


Sikap fokus dan terus berusaha harus selalu tertanam dalam jiwa orang yang sukses. Begitupun Anda, yakinlah setelah membaca artikel ini, Anda harus segera bangkit dan mengejar impian Anda. Fokus dan pantang menyerah adalah kuncinya 



Setelah memahami beberapa poin-poin penting di atas, sekarang Anda harus memilin, bisnis apa yang akan Anda geluti. Proses mana yang akan Anda jalani untuk menggapai mimpi Anda? Berikut adalah beberapa bisnis online dengan modal kecil sampai tanpa modal :


1. Bisnis Sebagai Dropshipper

Mungkin Anda sering mendengar istilah dropship/dropshipper dikalangan pebisnis atau di media sosial. Ya, dropship menjadi salah satu peluang bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Bagaimana sih cara kerja dari bisnis online dropship ini? Perhatikan skema berikut :

Sukses-bisnis-online-tanpa-modal-jpg
Cara kerja dropship


Nah, bagaimana? Anda pasti sudah paham tanpa perlu dijelaskan secara panjang lebar. Kemudian yang selanjutnya menjadi pertanyaan adalah mengapa harus menjadi dropshipper? Apa saja kelebihan dari dropship ini? Simak dibawah ini :

➧ Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang-barang yang ingin anda jual. Cukup mempromosikan di media sosial anda, maka barang yang dipesan akan dikirim kepada pembeli melalui pemilik toko/perusahaan tersebut. Jadi tugas Anda hanya mempromosikan. Mudah sekali bukan?
➧ Jangan khawatir, walaupun tidak memegang stok barang. Sebagai dropshipper anda sudah memiliki nama toko sendiri. Jadi barang yang dikirim adalah mengatasnamakan toko Anda.
➧ Sebagai pebisnis online dropshipper, Anda tidak perlu khawatir mengenai lapak, sewa toko/ gudang. Karena anda memiliki nama toko di pasar online saja. Jadi jauh lebih menghemat biaya.
➧ Anda tidak tau bagaimana mengirimkan barang kepada pembeli atau mengemas barang tersebut? Tenang saja, itu bukan tanggung jawab dropshipper. hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak suplier.
➧ Anda secara leluasa dalam menentukan harga produk yang Anda jual. Dengan kata lain, Anda bisa menentukan seberapa besar keuntungan yang ingin anda dapat. Karena pembeli akan mentransfer uang kepada Anda sesuai dengan harga yang Anda buat, dan anda membayar kepada suplyer sesuai kesepakatan di awal.

2. Menjadi seorang blogger

Apa itu blogger? Secara sederhan blogger adalah istilah yang digunakan kepada orang yang suka menulis di blog miliknya, baik blog gratis maupun berbayar. Dengan kata lain, blogger adalah orang-orang yang setiap hari menghasilkan tulisan-tulisan di internet pada website blog mereka.

Sukses-bisnis-online-tanpa-modal-jpg
Lalu bagaimana bisa seorang blogger dikatakan sebagai pebisnis? Apa yang bisa didapatkan dari blog? Baik, mari kita bahas. 

Pernahkah anda membuka sebuah blog/artikel lalu muncul iklan-iklan pada blog/artikel tersebut? Nah, itu adalah salah satu cara promosi pihak pengiklan yang bekerja sama dengan google adsense. Dimana google adsense ini akan bekerja sama dengan para blogger-blogger. 

Setiap iklan yang tampil pada blog dan mendapat klik dari pembaca blog tersebut, maka pemilik blog tersebut akan mendapatkan komisi dari pihak pengiklan melalui google adsense. Bagaimana, mudah bukan cara kerjanya? 

Lalu apakah hanya sebatas itu penghasilan dari seorang blogger? Jangan salah, sangat banyak blogger-blogger yang mendapatkan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Karena tidak hanya sebatas jasa iklan google adsense saja sumber penghasilan para blogger. banyak sumber-sumber kerja sama yang dapat menjadi ladang penghasilan oleh para blogger, seperti :
➧ Affiliate program
➧ Review produk
➧ Menjual produk melalui blog
➧ Blog network
➧ Menjual blog
➧ Jual marchandise
➧ Kerja sama marketing dengan perusahaan
➧ Kompetisi bloh
➧ dll


Lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang blogger? Silahkan langsung mencoba mendaftar di sini. Setelah mendaftar, Anda dapat menuangkan bakat menulis Anda pada blog tersebut. Jangan berharap Anda akan langsung mendapatkan uang dari blog tersebut. Banyak proses yang harus dilalui. Lakukan semaksimal mungkin dan tetap konsisten dengan apa yang sudah Anda kerjakan. Maka anda akan mendapatkan penghasilan pada waktunya nanti.


3. Jualan online pada website/ situs milik sendiri

Nah, poin ini memiliki hubungan yang erat dengan poin sebelumnya. Seorang blogger yang sukses tentunya sudah memiliki pengunjung yang banyak pada blog mereka. Hal ini tentunya memberikaan peluang yang besar apabila Anda ingin memasarkan produk yang Anda miliki.

Apakah hal tersebut worth it? tentu saja jawabannya adalah sangat worth it. Coba Anda bayangkan, apabila blog Anda memiliki pengunjung 1000-10.000 per harinya. Tentunya produk yang anda pasarkan pada blog tersebut akan mendapatkan perhatian dari ribuan orang tersebut. Cukup dengan menempelkan gambar/iklan, lalu tunggu para pengunjung akan datang dengan sendirinya. Kali ini bukan sebagai pengunjung blog Anda saja, tetapi sebagai pengunjung sekaligus pembeli.

Tidak jarang, perusahaan-perusahaan besar akan melakukan teknik marketing seperti ini. Mereka menawarkan kerja sama kepada para blogger sukses untuk menempatkan sebidang iklan pada blog mereka. Tujuannya apa? Untuk mempromosikan produk mereke kepada publik, ini adalah salah satu teknik marketing yang baik saat ini. Tentu saja kerja sama ini membuahkan penghasilan yang besar untuk para blogger. 1 unit iklan saja kita bisa dibayar dengan nominal Rp.200.000 sampai jutaan, tergantung seberapa besar blog yang sudah kamu bangun.

Pada hal ini, kuncinya terletak pada poin sebelumnya. Kamu hanya perlu menjadi seorang blogger yang maju dan konsisten, maka pundi-pundi rupiah akan menghampirimu. Begitu banyak perusahaan yang selalu menawarkan jenis kerjasama seperti ini kepada para blogger, seperti Tokopedia, Lazada, JD.ID dan sebagainya.

4. Menjadi penulis freelance

Sukses-bisnis-online-tanpa-modal-jpg
Anda gemar menulis namun tidak ingin menulis sebagai seorang blogger? Atau anda menganggap terlalu sulit untuk menulis di blog, karena memerlukan proses yang panjang hingga akhirnya dapat menghasilkan uang. Jangan khawatir, anda dapat menekuni hobi anda dengan menjadi penulis artikel freelance.

Freelance atau dikenal juga sebagai penulis lepas  secara sederhana adalah pekerjaan seseorang yang suka menulis yang tidak terikat pada satu klien saja. Kita dibayar oleh klien untuk menulis sebuah artikel yang ia butuhkan, setelah selesai maka kita akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan diawal. Kemudian, kita bisa mencari orang lain yang membutuhkan jasa kita. Secara sederhananya seperti itu, paham kan?

Beberapa contoh spot yang bisa Anda ambil untuk menjadi freelance adalah :
➧ Menulis artikel blog, tidak semua blogger menghasilkan artikel karya mereka sendiri. Banyak para blogger yang membutuhkan jasa frelance untuk menciptakan konten-konten sesuai apa yang mereka butuhkan. 
➧ Jurnalistik, banyak berita-berita yang sering menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Apabila kamu mampu mengangkat berita tersebut, kamu dapat menawarkan diri untuk menjadi freelance pada media online
➧ Review, yaitu tulisan yang berisikan ulasan mengenai suatu produk. Beberapa perusahaan biasanya membutuhkan review pada produk mereka, misalkan makanan, fashion, hotel dan sebagainya.
➧ Menulis artikel pada website yang menerima jasa freelance, seperti Babe, Brillo, IDNtimes dan lain sebagainya.
➧ Dll.

Beberapa cara yang dapat diasah pada diri Anda untuk menjadi penulis lepas atau freelance adalah :
➧ Kuasai dasar-dasar dan tekhnik kepenulisan
➧ Mengasah keterampilan menulis
➧ Meminta masukan/review dari orang terdekat mengenai tulisan anda, minta saran dan masukan dari mereka
➧ Buat tulisan asli/original, jangan pernah membuat tulisan plagiat hasil copy paste
➧ Promosikan diri Anda di media sosial 
➧ Dll

Selanjutnya berikut adalah beberapa keuntungan mengapa Anda harus menjadi penulis lepas tangan atau freelaence
➧ Waktu lebih fleksibel, dengan menjadi freelance anda memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda dapat menulis kapan saja, pagi, siang, sore bahkan malam. Artinya Anda tidak terkekang oleh waktu. Namun demikian, Anda juga harus tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.
➧ Dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, ya, karena menjadi seorang penulis freelance tidak akan menyita waktu Anda banyak, asalkan dapat memanajemen waktu dengan baik.
➧ Semua orang dapat bergabung, apapun profesi yang kami geluti sekarang. Kamu tetap bisa menawarkan jasa tersebut. Termasuk apabila kamu seorang pelajar atau mahasiswa.
➧ Dll

5. Jasa pembuat desain

Anda tidak tahu mau berbisnis apa? Atau Anda mau berbisnis tetapi tidak memiliki modal yang cukup? Anda dapat mencoba bisnis online tanpa modal yang satu ini. Hanya memerlukan sebuah keahlian dan laptop/komputer Anda dapat menawarkan jasa pembuat desain. 

Tentunya untuk menggeluti hal ini, Anda harus memiliki skill/keahlian di bidang desain. Baik itu desain grafis, desain interior rumah, desain web, desain logo, desain baju dan sebagainya. Anda bisa mencari orang-orang yang membutuhkan jasa tersebut melalui media sosial, website dan sebagainya.

Beberapa tips yang dapat memicu kesuksesan bisnis ini adalah :
➧ Asah kemampuan desain anda
➧ Fokus pada kualitas terlebih dahulu, maka hasil akan mengiringi
➧ Selalu update mencari informasi
➧ Promosikan diri Anda
➧ Maksimalkan pemanfaatan media sosial

6. Jualan di market place

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa bisnis jualan secara online cukup menjanjikan saat ini bahkan masa depan. Market place sudah memberikan lapak yang sangat luas bagi para penjual. Sangat banyak market place di Indonesia yang sudah memiliki nama yang baik, seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX dan sebagainya.

Dalam hal ini, Anda dapat menjual produk-produk yang Anda miliki pada market place yang sesuai. Misalkan Anda ingin menjual barang-barang bekas, maka market yang cocok untuk Anda adalah OLX atau Bukalapak. Atau misalkan Anda ingin menjual produ/barng untuk wanita, maka Anda dapat memilih market place Shopee. Karena data menunjukkan bahwa pengguna terbesar dari Shopee adalah wanita. Jadi Anda harus bisa menentukan market place sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mengapa harus berjualan di market place? Pada kenyataannya market place lebih dipercaya saat ini oleh para konsumen yang berbelanja secara online. Karena selain lebih murah, belanja di market place juga dipercaya lebih aman dibanding berbelanja online di tempat-tempat lain.

Selanjutnya, keunggulan mengapa Anda harus berjualan di market place adalah gratis. Anda hanya perlu membuka toko online di dalamnya. Jadi akan lebih memudahkan Anda sebagai penjual dan orang lain sebagai pembeli.


Beberapa tips yang perlu kamu terapkan agar sukses bisnis online di market place adalah :

➧ Pemilihan nama toko, sebagai penjual online anda harus mencari nama toko yang menarik dan mudah diingat orang lain, serta sesuaikan dengan produk yang anda jual. 


Misalnya, ada 2 toko yang menjual makeup wanita, dan berikut adalah nama tokonya :

1. Beauty makeup
2. TokoWiwik
Jujur, saya sebagai pembeli akan lebih tertarik kepada toko yang pertama. Walaupun sebenarnya saya tidak tahu mana toko yang menjadi rekomendasi para pembeli. Tadi nama toko menjadi peran penting dalam bisnis Anda.
➧ Pilih logo yang sesuai, sama dengan kasus pertama. Anda harus memilih logo toko anda sesuai dengan produk yang ingin Anda jual. Silahkan membuat icon makeup apabila Anda ingin menjual makeup. Jangan sampai Anda membuat logo piring pada toko makeup
➧ Terakan gambar dan deskripsi yang menarik, tentu saja gambar dan deskripsi menjadi pertimbangan bagi setiap pembeli online. Seperti ini saja, ketika Anda belanja online di market place, pasti gambar yang tidak menarik serta deskripsi yang tidak jelas membuat anda berpikir kembali untuk membeli produk tersebut. Jadi sebagai penjual, usahakan anda menerakan gambar semenarik mungkin serta membuat deskripsi yang menarik tetapi harus sesuai/ tidak melebih-lebihkan.
➧ Harga, dengan modal yang sekecil-kecilnya dan untung yang sebesar-besarnya. Ya, itulah prinsip ekonomi. Namun anda tidak boleh terlalu berambisi dengan prinsip tersebut. Anda harus membuat harga yang bersaing. karena sebagai pembeli, tentunya mereka akan mencari harga yang paling murah.
➧ Fast respon, nah, ini merupakan hal terpenting dalam berjualan online. Pelayanan yang baik dan cepat akan meninggalkan kesan yang baik pula kepada pelanggan. Sehingga ketika kesan baik telah didapatkan, maka toko anda akan mendapat rekomendasi dari para pelanngan Anda. Tentunya ini adalah Feed back yang baik untuk kemajuan toko Anda

7. Jasa guru online

Anda memiliki kemampuan mengajar? Baik, jangan sia-siakan bakat tersebut. Zaman sudah semakin canggih, kini Anda dapat menyalurkan bakat tersebut secara online. Mengajar secara online atau sering dikenal dengan istilah e-learning adalah sistem edukasi yang  simpel dan efektif menggunakan media teknologi dan informasi.

Pada saat ini, begitu banyak start up pendidikan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai guru online. beberapa diantaranya adalah Kelas kita, GotrainingRuang guru  dan sebagainya.

Anda dapat menyesuaikan kemampuan Anda untuk mengajar jenjang SD, SMP atau SMA. Mengapa harus memilih mengajar online? Pekerjaan ini dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Dengan mengajar online Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan utama Anda. Karena disini, Anda hanya perlu menyiapkan materi pembelajaran sebaik mungkin untuk kemudian dikonsumsi oleh publik.

Untuk selengkapnya tentang persyaratan mengajar di Ruang guru, Anda dapat melihatnya di sini

8. Menjadi penerjemah online

Khusus pada poin bisnis online tanpa modal ini, dibutuhkan keahlian atau penguasaan pada bahasa-bahasa asing. Anda harus menguasai minimal 1 bahasa asing. Karena dalam jasa penerjemah online ini, hal yang Anda jual adalah kemampuan dalam berbahasa asing.

Selain itu untuk menjalani bisnis online tanpa modal yang satu ini, Anda juga sangat disarankan untuk mendalami kemampuan menulis. karena dalam penerjemahan bahasa yang satu ke bahasa lainnya tentu dibutuhkan kemampuan menulis yang cukup.

Untuk menekuni profesi ini, setidaknya kamu harus memiliki kemampuan-kemampuan atau melakukan hal-hal sebagai berikut :
➧ Belajar bahasa asing secara total, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kamu harus memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, atau kamu harus belajar dan mendalami bahasa tersebut secara total
➧ Membaca buku/ konten berbahasa asing, tentu hal ini menjadi pendukung untuk menjadikan kamu menjadi seseorang yang handal dalam menguasai bahasa asing
➧ Melatih diri secara intens, membiasakan diri dengan apa yang kamu palajari akan membuat kamu semakin mahir dalah pekerjaan tersebut. Dengan berlatih secara intens, maka Anda akan semakin terbiasa dan lebih mahir.
➧ Praktik, belajar tanpa praktik tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Sama halnya dalam mempelajari bahasa asing, anda harus melakukan praktik. Salah satu cara praktik berbahasa asing yang maksimal adalah dengan anda mengunjungi tempat-tempat turis agar dapat mengasah kemampuan Anda. Atau Anda dapat membiasakan diri berbicara bahasa asing dengan teman-teman atau orang sekitar.

Dengan melakukan poin-poin di atas, maka Anda sudah siap untuk mempromosikan diri atau mencari lowongan yang membutuhkan jasa tersebut. Manfaatkan media sosial sebagai sumber informasi. Begitu banyak website-website yang mencari jasa-jasa seperti ini.

9. Menjual hasil fotografi

Sukses-bisnis-online-tanpa-modal-jpgApabila Anda adalah seseorang yang hobi fotografi atau memiliki bakat di bidang tersebut. Anda dapat menyalurkan kemampuan tersebut kepada situs-situs yang menyediakan jasa penjualan hasil fotografer yang profesional

Beberapa diantaranya adalah :
➧ Dll

10. Agen pembayaran tagihan pulsa, internet, PDAM, PLN dll

Sebagai pengguna smartphone, Anda dapat memaksimalkan penggunaanya dengan lebih cerdas. Banyak cara untuk menjadikan ponsel pintar kamu menjadi mesin uang, salah satunya adalah dengan menjadi agen pembayaran tagihan listrik, PDAM, penjualan pulsa, internet dan sebagainya

Mengapa harus memilih menjadi agen pembayaran? perhatikan poin-poin berikut :
➧ Tidak memerlukan modal yang besar, dengan modal yang kecil Anda dapat membangun bisnis kecil ini.
➧ Sangat mudah dan sederhana, kemudahan yang diberikan oleh teknologi penyedia layanan ini menjadi salah satu peluang yang baik untuk Ada.
➧ Risiko yang kecil, ya, bisnis online yang satu ini memiliki risiko yang sangat kecil. Namun dengan risiko yang kecil, Anda tidak dapat mengharapkan keuntungan yang lebih besar pula.
➧ Setiap orang membutuhkan, saat ini tidak ada orang yang tidak membutuhkan pulsa, internet, PLN, PDAM dan sebagainya. Jadi target Anda adalah semua kalangan. Semua orang dapat menjadi target marketing Anda.
➧ Tidak membutuhkan lokasi dan karyawan, bisnis online tentunya tidak membutuhkan lokasi. Anda hanya perlu bermain pada ponsel pintar Anda.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba dalam menjalankan bisnis online ini :
Ayopop
Kudo
➧ Dll


11. Menjadi youtuber

Youtuber tentunya sudah tidak asing lagi di telinga publik. Belakangan ini, youtuber sudah menjadi incaran pekerkjaan sampingan bagi banyak orang. Bahkan saat ini sudah banyak yang menjadikan youtube sebagai alat pencarian utama mereka. Penghasilan yang didapatkan dari youtube dapat mencapai higga ratusan juta perbulan nya. Tidak heran jika banyak dari orang yang sudah menjatuhkan perhatiannya ke dunia youtube sebagai alat untuk mencari keuntungan

Youtube sebagai bisnis online hanya membutuhkan kreativitas kamu sebagai pembuat video yang akhirnya akan diupload nantinya. Selain itu alat perekam seperti HP atau kamera beserta kuota internet tentunya sangat dibutuhkan dalam menggelutinya.

lalu, bagaimana cara seorang youtuber mendapatkan penghasilan? Secara singkat adalah sebagai berikut : 
Anda membuat video ➝ Anda mengajukan kerja sama kepada Google Adsense  Google Adsense menyetujui kerjasama  iklan tampil di video Anda ➝ orang menonton/klik iklan tersebut➝ Anda dibayar oleh pihak pengiklan.

Ya, secara umum cara kerja dari youtube ini sama saja dengan blog seperti yang sudah saya jelaskan pada poin sebelumnya. Lalu bagaimana cara untuk mendaftarkan diri di youtube? Silahkan klik di sini

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, bahwa menjalankan pekerjaan seperti ini, yang dibutuhkan adalah proses, kerja keras dan konsistensi dari masing-masing individu. Jadi lakukan apa yang sudah Anda mulai hingga selesai. Anda dapat mengambil motivasi dari para youtuber yang sudah sukses seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Raditia Dika, Arif Muhammad dan sebagainya.

12. Menjadi selebgram

Bisnis online tanpa modal yang terakhir adalah menjadi seorang selebgram. Banyak orang-orang yang akhirnya memanfaatkan media sosial sebagai sumber penghasilannya. Salah satunya adalah instagram dengan menjadi seorang selebgram. Apa yang didapatkan dengan menjadi seorang selebgram? Ini adalah beberapa sumber penghasilan seorang selebgram :
➧ Endorse
➧ Paid promote
➧ Bisnis
➧ Marketing
➧ Dll

Namun perlu dipahami bahwa untuk menjadi seorang selebgram tidaklah mudah, ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan, sebagai berikut :
➧ Posting konten berkualitas secara rutin
➧ Promosi dan meningkatkan followers 
➧ Membuat tampilan instagram menarik
➧ Ciptakan karakter kamu
➧ Posting di waktu yang tepat
➧ Berikan kesan positif/ manfaat kepada followers
➧ Dll

Demikianlah beberapa kiat sukses bisnis online tanpa modal. Perlu Anda ketahui bahwa usaha akan mencerminkan hasil yang Anda dapatkan. Jadi, Anda lah yang benar-benar menentukan hasil Anda di masa depan.

Terimakasih

Baca juga : 


LihatTutupComment